Penebusan Pupuk Non-subsidi Hanya 7 Menit

Untuk mendukung kelancaran penugasan dari Petrokimia Gresik (PG) sebagai Distributor Utama Pupuk Non-subsidi Retail, K3PG menciptakan program inovatif “Petani” (Penebusan Tanpa Antre). Aplikasi berbasis website ini untuk memudahkan Distributor dan Kios yang menjadi customer K3PG dalam penebusan pupuk non-subsidi PG.

Seperti diketahui, K3PG per 1 April 2019 ditunjuk PG sebagai Distributor Utama Pupuk Non-subsidi Retail. Melalui kerjasama ini, K3PG diharapkan mampu memasarkan produk pengembangan yang menjadi andalan perusahaan pupuk terlengkap di Indonesia tersebut, yaitu Pupuk NPK Phonska Plus. Tahap ini, K3PG mendapatkan amanah untuk wilayah Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Sumatera Utara (Sumut)-Aceh.

Lahirnya portal ini juga menjadi bentuk dukungan K3PG terhadap program transformasi bisnis PG yang tengah berupaya menjadi market leader di pasar komersial dan Solusi Agroindustri. Portal “Petani” ini semakin memudahkan upaya PG dalam penetrasi produk non-subsidi.

Suprapto, Manager Operasional I K3PG, Senin (5/8/2019) mengungkapkan jika aplikasi ini telah sukses melewati User Acceptance Test (UAT) bersama dengan tiga bank mitra di Jakarta pada tanggal 29 dan 30 Juli 2019.
UAT merupakan proses pengujian apakah aplikasi yang dikembangkan telah sesuai dengan kebutuhan yang diminta pengguna.

Dengan demikian, program “Petani” telah siap untuk dioperasikan. “Aplikasi ini kami luncurkan bertepatan dengan puncak acara Hari Ulang Tahun K3PG, tanggal 13 Agustus 2019 di Wisma Kebomas,” ujar Suprapto.

Untuk penebusan pupuk, customer harus melakukan pemesanan via website petani.k3pg.co.id. Customer kemudian memilih bank untuk pilihan transaksinya, dan setelah itu menerima kode booking. K3PG bekerjasama dengan tiga bank milik Pemerintah untuk transaksinya, yaitu BNI, BRI dan Mandiri.

Setelah tahapan tersebut, customer melakukan pembayaran di channel bank yang dipilih. Order diproses setelah bank mengirimkan pesan pelunasan ke billing server K3PG.

“Semua transaksi menjadi semakin mudah, simpel, dan hemat waktu. Jika selama ini proses penebusan yang dilakukan Distributor ke Petrokimia Gresik membutuhkan proses dalam sehari. Dengan hadirnya K3PG sebagai Distributor Utama dan program “Petani” ini, transaksi hanya membutuhkan waktu tujuh menit saja,” terang Suprapto.

Aplikasi ini nantinya dapat diakses melalui internet. Distributor dan Kios yang menjadi customer K3PG akan mendapatkan username dan password yang bersifat rahasia. Dimana username dan password ini diberikan setelah customer melakukan proses aktivitas di loket K3PG.

Lebih lanjut ia menjelaskan jika aplikasi Petani ini merupakan salah satu upaya dari K3PG untuk bertransformasi menuju era digital, guna mewujudkan K3PG mandiri, berdaya saing, dan memiliki prospek yang baik bagi mitra dan stakeholder.

Era digital K3PG merupakan respon K3PG terhadap Industri 4.0, yang telah banyak membawa perubahan dalam kehidupan manusia dan operasional organisasi. Semua serba digital dan otomatis, dan tak bisa lepas dari jaringan internet.

Era ini menuntut perusahaan berbagai bidang mengubah cara bisnis. Transformasi digital pun menjadi sebuah keniscayaan agar tetap mampu bersaing dan bisa memberikan performa terbaik.

K3PG pun telah bertransformasi menuju era digital mulai Agustus 2019. Ini merupakan bentuk komitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada anggota dan mitra.*