“Prima” Solusi Cerdas Memiliki Rumah

Kemajuan perekonomian di Kabupaten Gresik terbilang pesat, sejumlah mal besar telah hadir di Kota Pudak ini. Bahkan keberadaannya dibarengi dengan datangnya investasi hotel dan apartemen.

Begitu juga dengan dibangunnya jalan tol baru, baik itu Surabaya-Mojokerto maupun Legundi-Manyar semakin meningkatkan akses investasi menuju kota penyangga Surabaya ini. Pertumbuhan industri pun semakin melejit.

Dampaknya, nilai investasi di Gresik semakin meningkat. Masyarakat dengan penghasilan di bawah Rp 10 juta tentu kesulitan memiliki hunian di tengah kota saat ini.

Koperasi Keluarga Besar Karyawan Petrokimia Gresik (K3PG) yang berkomitmen untuk menyejahterakan anggotanya memiliki solusi. Berbekal sinergi antar unit usaha, K3PG menawarkan kemudahan bagi anggota berpenghasilan di bawah Rp 10 juta agar mendapatkan perumahan di Citra Sari Regency (CSR) yang lokasinya sangat strategis baik untuk hunian maupun investasi.

Manager Operasional IV K3PG, Sri Islamiyati menjelaskan, program tersebut bernama “Prima” (Pembiayaan Kepemilikan Rumah). Hasil sinergi antara Unit Simpan-Pinjam dengan Unit Properti.

Unit Properti menyiapkan hunian strategis di CSR tipe Sun Flower Cluster (SFC). Sedangkan Unit Simpan-Pinjam menawarkan pembiayaan yang sangat murah dan mudah. Serta kompetitif jika dibandingkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di bank.

Untuk memudahkan anggota, ada dua model pembiayaan yang diterapkan sekaligus dalam transaksi pembelian rumah. Pertama, anggota bisa memanfaatkan program “Pesta” (Pembiayaan Tanpa Agunan) di Unit Simpan-Pinjam untuk digunakan sebagai uang muka atau Down Payment (DP). Nilainya sekitar 20 persen dari harga rumah. Menariknya, untuk melunasi DP ini, anggota cukup memanfaatkan bonus atau insentif yang diterima dari perusahaan, atau hak di luar gaji.

Kedua, anggota dapat memanfaatkan pinjaman reguler di Unit Simpan-Pinjam untuk pembiayaan sisanya setelah DP. Jangka waktu angsuran yang ditawarkan maksimal 15 tahun, dan nilai per bulannya maksimal 80 persen dari gaji.

Sejumlah keuntungan dapat diperoleh dari program Primaini. Di K3PG anggota tidak perlu khawatir, karena angsuran tidak menggunakan sistem floating seperti pada bank. Sistem floating di tahun pertama dan kedua memang sudah jelas bunganya. Sedangkan di tahun ketiga sampai pelunasan, besaran bunganya tidak bisa ditentukan saat ini.

Di K3PG untuk mengurangi ketidakpastian, menggunakan sistem margin berjangka. “Tentu akan memberikan rasa tenang bagi anggota,” ujar Sri Islamiyati.

Jika dihitung rata-rata menggunakan sistem floating di bank, total bunga yang dibebankn mencapai 10 sampai 11 persen. Begitu juga dengan sistem bunga flat di bank rerata bunganya sebesar 10,25 persen. Sementara di K3PG hanya 9,25 hingga 9,5 persen. “Masih sangat kompetitif dibandingkan bank,” tandasnya kembali.

Sementara untuk program Prima yang ditawarkan K3PG adalah untuk pembelian rumah SFC di CSR. Konsep awal dari kluster ini memang diperuntukkan para Petro Muda.

Ada dua tipe dari unit SFC. Pertama tipe 32/60 dengan harga jual rumah Rp 350 jutaan. Kemudian tipe 65/60 atau dua lantai dibanderol dengan harga sekitar Rp 555 jutaan. Semua harga yang ditawarkan sudah termasuk PPN, BPHTB, dan Notaris.

Segala kelebihan yang dimiliki unit komersial atau penjualan umum di CSR, juga didapatkan bagi pemilik unit di SFC, khususnya lokasi yang strategis. Karena lokasi SFC menyatu dengan unit kemersial.

Posisinya dekat dengan Kantor Pemerintahan, Rumah Sakit Umum Daerah, Terminal, dan Pintu Tol. Selain itu juga dekat dengan mal terbesar di Gresik.

“Jika ingin menuju Surabaya bisa ditempuh dalam waktu yang cukup singkat. Hanya butuh waktu kurang dari lima menuju pintu masuk Tol Bunder,” kata Manager Properti, Sarjono. Lokasi strategis tersebut yang mampu menjadikan nilai investasi rumah di CSR cepat meningkat.

SFC didesain minimalis modern. Tidak menggunakan pagar depan rumah seperti konsep perumahan kluster modern pada umumnya. Fasilitas jalan yang disiapkan di depan rumah juga cukup lebar, mencapai 7 meter.

Dari dua tipe yang ditawarkan di SFC, K3PG menyiapkan sebanyak 114 unit saja. Untuk tipe dua lantai hanya disediakan 32 unit saja, dan semuanya didesain berada di pojok.

Unit tersebut dibagi dalam delapan blok terpisah. Jadi setiap blok/kelompok ada empat unit dengan posisi rumah berada di pojok semua. Sedangkan 82 unit sisanya adalah tipe 32/60 dibangun memutari tipe 65/60.*